Thursday, October 6, 2016

Serba - serbi Mengurus Visa Schengen

Saat ini banyak pengajuan visa schengen yang pengajuannya diserahkan melalui pihak ketiga (bukan kedutaan langsung), seperti Belanda, Spanyol, Italia, Perancia, Kroasia, Denmark, Swiss, dll. Pihak ketiga yang saya maksudkan adalah Vfs Global, yaitu perusahaan independen yang dipilih oleh kedutaan-kedutaan tersebut sebagai "checker" kelengkapan dokumentasi. Vfs Global hanya bertugas mengecek kelengkapan dokumen, mengumpulkan dokumen para pengaju ke kedutaaan, dan menginformasikan apabila visa disetujui ataupun ditolak. Sedangkan kewenangan pemberian atau penolakan visa sepenuhnya ada di kedutaan masing-masing. Adapun belum seluruh negara (25 negara visa schengen) mempercayakan fungsi "checker" kepada Vfs Global, pada saat tulisan ini ditulis, yang saya ketahui pengajuan visa schengen Polandia masih langsung melalui kedutaan di Jakarta.Beberapa informasi penting yang dalam mengurus visa schengen:


  1. Ajukanlah visa schengen 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
  2. Pilihlah salah satu negara Eropa terlama yang disinggahi untuk pengajuan visa schengen.
  3. Apabila tidak ada negara terlama untuk disinggahi (semua negara sama jangka waktunya), pilih negara pertama yang disinggahi.

Selama pengajuan visa schengen diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, mengikuti 3 poin di atas sudahlah lebih dari cukup. Namun apabila pengajuan visa sudah agak mepet, misalnya 2 minggu sebelum keberangkatan (seperti saya), maka berikut adalah tambahan informasi yang perlu dipertimbangkan. Beberapa poin penting yang hendak saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi saya mengurus visa schengen sendiri melalui Vfs Global (tanpa lewat tour & travel):


  1. Pilih negara yang pengajuan visanya langsung melalui kedutaan, sehingga kelengkapan dan keputusan dapat langsung dari pemutus (kedutaan) kepada pemohon, tidak melalui orang/ lembaga lain.
  2. Carilah informasi negara mana yang tidak sedang dalam musim liburan (high season), sehingga keputusan terhadap pengajuan visa bisa diperoleh lebih cepat.
  3. Terkait dengan 2 poin di atas, sangat dimungkinkan negara yang akan/ seharusnya dikunjungi tidak masuk/ sesuai/ pas dengan saran saya di atas. Solusinya adalah, buatlah itinerary bayangan dan tiket pesawat bayangan. Toh visa schengen bisa digunakan di 25 negara Eropa.

Adapun biaya pembuatan visa schengen di Vfs Global untuk semua negara hampir sama, yaitu tidak lebih dari IDR 1.3jt (sudah termasuk jasa Vfs Global).Pengalaman saya dalam mengajukan Visa Schengen Italia saya tuliskan dalam artikel lainnya berjudul Visa Schengen via Italia - Fergie Time!.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Teddy, gw bisa minta no wa lo ga??
    Ad banyak pertanyaan yg pengen gw tanyain soal pembuatan visa schengen..
    Hehe

    Thank you :)

    -ivansius limbong-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bong, sorry baru reply.. lo email gw aja di nugrahateddy@yahoo.com, nanti gw share no WA ya..

      Delete